evden eve nakliyatdepolamaevden eveevden eve nakliyat firmalarınakliyeistanbul evden eve nakliyatevden eve nakliyatnakliyatdepolama

1 Januari 2018, segenap Pengurus Program Stdui Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Sumatera Utara (USU), Arifni, Bebas, dan Prikuten Tarigan,  megucapkan: "Selamat tahun baru 1 Januari 22018, dan selamat Natal 25 Desember 2017 kepada segenap sivitas akademika yang beragama Nasrani." Semoga ke depannya kita terus bersinerji dalam kerangka menjayakan prodi tercinta, Etnomusikologi, FIB, USU, dan pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.16 sampai 17 Januari 2017, Universitas Sumatera Utara menjadi tuan rumah Rapet Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Rakernas ini akan mengkaji dan merumuskan kebijakan-kebijakan strategis di bidang riset dan pendidikan tinggi. Tanggal 16 malam dilakukan acara pertemuan awal dengan menampilkan tari-tarian dan musik etnik Sumatera Utara yang diselenggarakan di Gedung Pancasila (Pendopo) USU. Pihak Lembaga Kesenian USU,  MPPSn, dsn Etnomusikologi dan beberapa dari fakultas lain terlibat dalam menjayakan acara ini sebagai seniman seni pertunjukan. Semoga semakin jayalah USU tercinta dan pendidikan di Indonesia.Tanggal 29 sampai 30 Januari 2018, sivitas akademika Prodi Etnomusikologi dan Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, serta seluruh prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, melakukan shooting film pendek dan foto, untuk dijadikan bahan pengenalan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara dalam bentuk audiovisual dan diunggah ke media sosial dan laman web. Dalam kegiatan tersebut yel-yel khusus untuk kedua prodi ini adalah: (1) Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya USU, Terdepan; (2) Magister Penciptaan dan pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Produktif, Inovatif. Jayalah semua prodi FIB USU.
Picture
 
Picture
 

Jumat, 9 Februari 2018, Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan menlaksanakan rapat di peringkat prodi dalam rangka persiapan-persiapan kjuliah pada semester genap Tahun Ajaran 2017-2018. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Pimpinan Lab: Arifni Netrirosa, SST, M.A.; Drs. Bebas Sembiring, M.Si, dan Drs. Perikuten Tarigan, M.Si. Rapat ini juga dihadiri oleh para dosen seperti: Fadlin, Frida Deliana Harahap, Muhammad Takari, Torang Naiborhu, Kumalo Tarigan, Yoe Anto Ginting, Sapna Sitopu, Irwansyah, dan Rithaony.Senin, tanggal 9 April 2018, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, menyelenggarakan kegiatan Pramusrembang untuk tahun 2019, yang diselenggarakan dari pukul 7.00 sampai 17.00 WIB di Hotel Grand Kanaya Medan. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan program kerja USU secara umumnya. Pramusrembang ini diikuti oleh seluruh prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya USU, baik itu prodi D3, S1, S2, maupun S3. Dalam kesempatan ini Prodi Etnomusikologi menyampaikan program kerjanya pada tahun 2019 nanti, yang diutarakan oleh Ketua Prodi yakni Arifninetrirosa, SST, M.A. dan sekretarisnya Drs. Bebas Sembiring, M.Si. Di sisi lainnya Pimpinan Laboratorium Etnomusikologi FIB USU, yakni Drs. Prikuten Tarigan, M.A., juga menyampaikan progfram kerjanya untuk tahun 2019 nanti. Tak ketinggalan Prodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU, menyapaikan programnya untuk tahun 2019, yang disampaikan langsung oleh Kaprodinya yakni Muhammad Takari.
Picture
 
​16 sampai 17 Januari 2017, Universitas Sumatera Utara menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Rakernas ini akan mengkaji dan merumuskan kebijakan-kebijakan strategis di bidang riset dan pendidikan tinggi. Tanggal 16 malam dilakukan acara pertemuan awal dengan menampilkan tari-tarian dan musik etnik Sumatera Utara yang diselenggarakan di Gedung Pnacasila (Pendopo) USU. Pihak Lembaga Kesenian USU,  MPPSn, Etnomusikologi dan beberapa dari fakultas lain terlibat dalam menjayakan acara ini sebagai seniman seni pertunjukan. Semoga semakin jayalah USU tercinta dan pendidikan di Indonesia.RAKERNAS Kemenristekdikti 2018
“Ristek Dikti di Era Revolusi Industri 4.0”
LATAR BELAKANG
  • Memasuki Tahun 2018 , yaitu Tahun Keempat Pemerintahan Presiden Jokowi-JK, maka Kemenristekdikti perlu mereview pelaksanaan program, kegiatan & anggaran 2017 dan juga memantapkan program/kegiatan & anggaran 2018 agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.
  • Selain itu, Kemenristekdikti juga perlu melakukan respon terhadap Isu Strategis  seperti Revolusi Industri 4.0, dimana digitalisasi menjadi kuncinya, yang akan mendisrupsi banyak aktivitas ekonomi yang ada.
  • Revolusi Industri 4.0 berjalan secara eksponensial. Kemungkinan miliaran manusia akan terhubung mobile devices, dengan kemampuan dan kekuatan untuk memproses, menyimpan, dan mengakses pengetahuan melalui internet, sangat tidak terbatas. Luasan serta kedalaman dampak perubahan telah, sedang, dan akan mentransformasi sistem produksi, manajemen, serta tata kelola pemerintahan.
  • Oleh karena itu, dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2018 perlu dilakukan pembahasan untuk menyiapkan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan iptek dan pendidikan tinggi.
MAKSUD & TUJUAN
Rakernas ini bertujuan untuk:
  1. Melakukan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran tahun 2017 dan Menyampaikan Outlook Program & Anggaran 2018.
  2. Menyusun rekomendasi Pengembangan Iptek Dikti dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam berbagai hal: kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang dan inovasi.
  3. Penuntasan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) & Memastikan pencapaian Target Reformasi Birokrasi 2018.

HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. Hasil Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran tahun 2017 & Outlook Program & Anggaran 2018 untuk menjadi referensi dalam pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran 2018.
  2. Rekomendasi langkah-langkah strategis Kemenristekdikti dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dalam berbagai hal: Kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang dan inovasi.
  3. Rekomendasi Langkah-langkah Pembentukan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) & Target Reformasi Birokrasi 2018 lainnya

AGENDA1st#, 16 Januari 2018Welcome Dinner and Informal Event, 16 Januari 2018
Tempat: Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara
19.00--21.00 Welcome Dinner and Informal Event
Tari Persembahan dari Tanah Deli, oleh Mahasiswa FIB USU
19.00--19.10 Sambutan (1) Rektor USU, Ka Puspiptek19.10--19.20   Sambutan (2) Gubernur Sumatera Utara
19.20--20.00   Pemberian Anugerah Humas PTN Terbaik
                         Publisitas Terbaik (PTN-BH, PTN-BLU dan Satker,PTN-Baru, Kopertis, dan Politeknik) (15)
                         Website Terbaik (PTN-BH, PTN-BLU dan Satker,PTN-Baru, Kopertis, dan Politeknik) (15)
                         Media Sosial Terbaik (PTN-BH, PTN-BLU dan Satker,PTN-Baru, Kopertis, dan Politeknik) (15)Ka Biro KSKP20.00--20.50   Hiburan
20.50--21.00   Penutup
MC: Aisyah & Haslin
Musik: mini orchestra, terdiri atas keyboard 3 set, saxophone 1, biola 3 dan vokalist 22nd#, 17 Januari 2018
PLENO, 17 Januari 2018
Tempat : Gelanggang Mahasiswa USU
Waktu:     07.3-- 08.30 Registrasi (Ka BKU)
SESI I
Penyambutan kedatangan Menteri, Tarian Sabe-sabe dengan diiringi oleh Gordang Sambilan. Para penari akan memandu tamu-tamu kehormatan menuju tempat duduk di bagian dalam gedung. ±5 menit.
08.30--08.40
          •Menyanyikan Lagu Indonesia RayaPaduan Suara Mahasiswa FK – USUKa Puspiptek
          •Pembacaan Doa oleh Drs. Tagor Muda Lubis
08.40--08.50
          •Sambutan MenristekdiktiMenteri Ristekdikti Ka Biro KSKP Ka Biro Perencanaan
SESI II
Menristekdikti menandai pembukaan RAKERNAS 2018 dengan memukul Gordang Sambilan.
08.50--09.50
Plenary Session:
Science, Technology, and Higher Education in Indutrial Revolution 4.0; Ka Biro Perencanaan + discussionsDr. Sri Mulyani (Indonesa Finance Minister)Rektor ITBKa Biro KSKP, Ka Biro Perencanaan, Para Ses (untuk rumusan)
Dr. Hayat Sindi (Senior Advisor to the IDB President
SESI III
09.50--11.50  Plenary Session: The Development of Science, Technology, and Higher Education for Industrial Revolution 4.0
+ discussions1.Prof Chao Lung Yang ( National Taiwan University of Science and Technology)
2. Prof Jang Youn Cho (Cyber Hankuk University of Foreign Studies (CUFS))
3. Adamas Belva Syah Devara (Founder and CEO Ruangguru)
4. Suyanto (Rektor Amikom) Rektor ITB Ka Biro KSKP
Ka Biro Perencanaan
Para Ses (untuk rumusan)
11.50--13.00 IshomaKa BKU
SESI IV
Pertunjukan Taur-taur Simalungun (suling dan vokal), ± 5 menit
13.00--13.45 Hasil Monev 2017 dan outlook program dan anggaran 2018MenristekdiktiSesjenKa Biro Perencanaan
Didampingi oeh Irjen dan para Dirjen
+ diskusi
SESI V
13.45--18.15 Sidang Pleno (Panel)
13.45--15.15 Ristekdikti dalam era revormas Industri 4.0 :1. Dirjen KelembagaanRektor Unimed1. Sesditjen Belmawa
Kelembagaan, Bidang Studi, Kurikulum, Sumberdaya, serta Pengembangan Cyber University2. Dirjen Belmawa
3. Dirjen SDID2. Sesditjen Kelembagaan
3. Sesditjen SDID
+ diskusi 4. Rektor UT(untuk rumusan )
15.15--16.45 Ristekdikti dalam era revormas Industri 4.0 :1. Dirjen RisbangKa BATAN1. Sesditjen Risbang
Pengembangan Iptek dan Inovasi2. Dirjen Inovasi
3. Ka BPPT2. Sesditjen Inovasi
+ diskusi 4. Ka LIPI (untuk rumusan )
16.45--18.151. Target RB 20181. Sekretaris JenderaKa BSN1. Ka Pusdiklat
2. Penuntasan Zona Integritas, WBK, dan WBBM2. Inspektur Jenderal2. Ka Biro Hukor
3. SesItjen
+ diskusi3. KPK(untuk rumusan )
CLOSING DINNER, 17 Januari 2018
Tempat : Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara
Waktu Acara Pembicara ModeratorP enanggungJawab
SESI VI
18.15--19.30Ishoma dan ramah tamah (diiringi Live Music )
19.30--19.45Penanyangan video N-219Ka LAPAN Ka Puspiptek
SESI VII
19.45--20.15 Penghargaan / PenandatanganKa BKU
19.45--19.55Penghargaan Rapor Kinerja Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran 2017
1.Satker Terbaik (3)
2.Perguruan Tinggi Negeri (PTN) – BLU Terbaik (3)
3.Perguruan Tinggi Negeri (PTN) – BH Terbaik (2)
4.Kopertis Terbaik (2 )MenristekdiktIKa Puspiptek MC
19.55--20.05 Penandatangan Perjanjian Kinerja 2018 (7)Rektor ITB
20.05--20.30Penyampaian Rekomendasi Hasil Rakernas 2018MenristekdiktiKa Puspiptek
Ka Biro Perencanaan, Ka Pusdatin, Ka Pusdiklat, Sesitjen, Sesdirjen, Ka Biro Hukor
Read more at https://ristekdikti.go.id/rakernas-2018/#BirwZbSkOoRVWbUj.99

Jumat malam Sabtu, 26 Januari 2018, Ketua Prodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU menghadiri undangan panitia Ulang Tahun Pertama Pak Pong Medan, yang diketuai oleh H. Amir Arsyad Nasution. Acara ini dilaksanakan di Ruang Pagelaran (Pentas Terbuka) Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) Medan, dari pukul 20.00 sampai 23.00 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah: Pak Deni Ketua Taman Budaya Medan, Sekretaris Dinas Pariwisata Sumut, dan para pejabat eksekutif lainnya. Dalam penampilannya ini, hadir para seniman Melayu Sumatera Utara seperti: Syaiful Amri, Jamal, Zulham Jais, Amir Arsyad, Lailan Machfrida, Aisyah, Erwansyah, Khairuddin, kelompok Melayu Semenda, Dilinar Adlin, Syahrial Felani, dan lain-lainnya.

Tanggal 29 sampai 30 Januari 2018, sivitas akademika Prodi Etnomusikologi dan Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, serta seluruh prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, melakukan shooting film pendek dan foto, untuk dijadikan bahan pengenalan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara dalam bentuk audiovisual dan diunggah ke media sosial dan laman web. Dalam kegiatan tersebut yel-yel khusus untuk kedua prodi ini adalah: (1) Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya USU, Terdepan; (2) Magister Penciptaan dan pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Produktif, Inovatif. Jayalah semua prodi FIB USU.
​ 
Senin, 5 Februari 2018, Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, menyelenggarakan rapat dalam kerangka persiapan-persiapan menjelang perkuliahan semester genap tahun Ajaran 2017-2018, yang dimulai tanggal 12 Februari 2018 ini. Rapat dihadiri oleh Kaprodi, Sekprodi, dan para dosen yang mengajar di semester dua atau semester genap ini. Rapat dimulai pukul 11.00 dan selesai pukul 12.30. Selepas itu makan bersama di ruangan Prodi MPPSn. Kamis, 8 Februari 2018, Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan Ujian tertutup tesis terhadap mahasiswa Elfrida Ekasuma Tarigan (NIM 157037005), dengan judul tesis "Didong Doah Bibi Sirembah Ku lau dalam Upacara Adat Perkawinan Karo di Dusun Tongkoh, Desa Dolat Rakyat, Kecamatan Dolat  Rakyat: Kajian terhadap Upacara, Struktur Musikal, makna Teks, dan Fungsi." Ujian berlangsung dari pukul 13.00 sampai 14.30 WIB, dengan panitia/penguji: Torang Naiborhu, Kumalo Tarigan, Ikhwanuddin Nasution, Dardanila, Pulumun Ginting, dan Muhammad Takari.Jumat, 9 Februari 2018, Program Studi Etnomusikologi FIB USU, melaksanakan rapat prodi dalam rangka persiapan aktivitas semester genap tahun ajaran 2017-2018. Sebagai dua prodi yang saling bahu-membahu, para dosen Prodi Maagister Penciptaan dan Pengkajian Seni yang juga dosen Prodi Etnomusikologi hadir dalam rapat tersebut. Rapat ini dipimpin oleh kaprodi Arifni Netrirosa, disertai para pengurus yakni sekretaris Bebas Sembiring, dan Pimpinan Laboratorium Etnpmusikologi Prikuten Tarigan.14 Februari 2018 Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, melakukan kegiatan pemasangan baliho visi dan misi prodi, yang di dalamnya juga dimuat visi misi USU dan visi misi FIB USU. Semoga saja segenap sivitas akademika MPPSn FIB USU, dapat melihat sarana ini, baik secara langsung atau web prodi, kemudian mengimplementasikannya dalam konteks pemajuan saintifik penciptaan dan pengkajian seni di Indonesia.Senin, 19 Februari 2018, Program Strudi Etnomusikologi dan Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, menerima kehadiran tim asesor untuk Universitas Sumatera Utara. Dua asesor dari UGM dan ITB, berkunjung ke kantor MPPSn serta ruang kuliah dan laboratorium Etnomusikologi dan MPPSn. Bahkan seorang asesor tak sungkan-sungkan memainkan drum elektrik pada Studio Rekaman. Tim asesor ini dibawa langsung oleh Bapak Dekan, Wadek I, Wadek III, dan Ibu Wadek III FIB USU. Kedua asesor ini begitu antusias mengamati dan tentu saja menilai eksistensi kedua prodi seni di lingkungan USU ini, sebagai bahagian dari jatidiri USU yang mengelola seni etnik. Kamis sampai Jumat, 22-23 Februari 2018, Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan acara Workshop dan Seminar Quaccquarelly Simonds (QS) Ranking USU dengan Tema "Traaining of Trainers on Acceleration of University, Faculty, Study Program to Get into QS World University Rankings." Dua kegiatan ini dibuka oleh Rektor USU, Prof. Dr. Runtung, S.H., M.Hum., didampingi oleh Prof. Gontar, dan menghadirkan para narasumber, yakni: 1. Prof. Dr. Wahid bin Razzaly (Naib Cancellor Universiti Tun Hussein On Malaysia-UTHM) dengan paparan materi seminar bertajuk "The Role Innovations in Syllabus and Curriculum Towards QS Ranking"; 2.Prof. Jong-Soo Rhyee (Kyung Hee University, South Korea), dengan makalah bertajuk "Brief History of Science and Technology in Korea: University, Government, and Social Environment"; 3. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, M.M. (Rektor Universitas Mercu Buana), dengan judul makalah "Sharing Experience and Expertise in Accelerating National and International Accreditation and Ranking"; 4. Ir. Nurdin Tampubolon, M.M. (Komisaris NT Corp) dengan makalah berjudul "Efforts and Challenges tobe a Technopreneur." Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua MPPSn FIB USU, juga para kolega seperti Kaprodi Jepang, Kaprodi S3 dan S2 Linguistik; Kaaprodi Sastra Melayu; Wadek I, Wadek III, dan beberapa undangan di lingkungan USU maupun beberapa universitas di Sumatera Utara.

Pada tanggal 26 sampai 27 Februari 2018, Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, melakukan kegiatan sosialisasi prodi di dua tempat di Kabupaten Asahan. Yang pertama adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan di Kisaran yang dilakukan pada tanggal 26 Februari 2018. Tim sosialisasi terdiri dari Muhammad Takari, Torang Naiborhu, Fadlin, dan Ponisan yang diterima oleh WD I dan WD III FKIP UNA. Suasana sosialisasi berjalan dengan penuh kekakraban dan diselang-selingi pantun dan humor. Kemudian tim sosialisai petang hari bergerak menuju kota Tanjungbalai, menginap di Hotel Malahayati. Tanggal 27 Februari dilakukan sosialisasi di Cafe Simple, yang dihadiri oleh para unsur Dewan Kesenian Tanjungbaalai, Persatuan Guru Seni Tanjungbalai, dan pencinta seni kota Tanjungbalai.
​17 sampai 18 Maret 2018, beberapa orang dari sivitas akademika Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, mengikuti acara "Pengukuhan Pengurus dan Rapat Pleno I Pengurus Pusat Ika USU" yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja No. 1 Medan. Dalam kegiatan tersebut MPPSn terlibat aktif memfasilitasi pertunjukan, penciptaan Mars IKA USU oleh Takari-Torang-Fadlin, pertunjukan ronggeng dan hiburan, dan lain-lainnya.23 sampai 24 Maret 2018, Ketua Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Materi Tes, Soal, dan Prosedur Penilaian Uji Keterampilan SBMPTN 2018. Kegiatan ini sebagai bagian terintegrasi dari penerimaan mahasiswa baru di bidang olah raga dan seni yang memerlukan uji keterampilan. Khusus untuk bidang musik, berbagai prodi di universitas-universitas dan institut-institut yang mengasuh bidang ini duduk bersama membicangkan dan memutuskan aspek-aspek apa yang diuji dan bagaimana standar penilaiannya.​Senin, tanggal 9 April 2018, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, menyelenggarakan kegiatan Pramusrembang untuk tahun 2019, yang diselenggarakan dari pukul 7.00 sampai 17.00 WIB di Hotel Grand Kanaya Medan. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan program kerja USU secara umumnya. Pramusrembang ini diikuti oleh seluruh prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya USU, baik itu prodi D3, S1, S2, maupun S3. Dalam kesempatan ini Prodi Etnomusikologi menyampaikan program kerjanya pada tahun 2019 nanti, yang diutarakan oleh Ketua Prodi yakni Arifninetrirosa, SST, M.A. dan sekretarisnya Drs. Bebas Sembiring, M.Si. Di sisi lainnya Pimpinan Laboratorium Etnomusikologi FIB USU, yakni Drs. Prikuten Tarigan, M.A., juga menyampaikan progfram kerjanya untuk tahun 2019 nanti. Tak ketinggalan Prodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU, menyapaikan programnya untuk tahun 2019, yang disampaikan langsung oleh Kaprodinya yakni Muhammad Takari.Tanggal 20 sampai 21 April 2018 Ketua Program Studi MPPSn FIB USU, Drs. Muhammad Takari, M.Hum., Ph.D. dan Kaprodi Etnomusikkologi FIB USU, menghadiri Focus Group Discussion untuk Intruksi Kerja bagi Penilaian Ujian Keterampilan di Surabaya. Dalam kegiatan tersebut hadir seluruh kaprodi bidang seni: musik, karawitan, etnomusikologi, seni tari, teater, pertunjukan, rupa, sendratasik dari seluruh Indonesia.Rabu, 25 April 2018, Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara medan menyelenggarakan Workshop Penciptaan Seni (Musik dan Tari). Dalam kegiatan ini, panitia menghadirkan dua narasumber, yakni Dr. Pulumun P. Ginting, S.Sn., M.Sn. dan Yusnizar Heniwaty, SST, M.Hum., Ph.D. Kegiatan ini adalah bahagian dari penguatan akademik bagi para mahasiswa penciptaan. Acara dimulai dengan pembawa acara sekprodi Drs. Torang naiborhu, M.Hum., kemudian dilanjutkan dengan ucapan awal dari Kaprodi MPPSn Drs. Muhammad Takari, M.Hum., Ph.D., dan kemudian diberi arahan dan peresmian pembukaan oleh Dekan FIB USU, Dr. Budi Agustono, M.S.. Selanjutnya acara inti adalah materi workshop musik oleh Dr. Pulumun Ginting yang kemudian dilanjutkan oleh materi tari oleh Yusnizar Heniwaty, Ph.D., dengan moderator Kumalo Tarigan, Ph.D.  Acara ini diikuti oleh segenap mahasiswa MPPSn dan mahasiswa Etnomusikologi FIB USU. Hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan II Dra. Heristina Dewi, M.Pd., Kaprodi Etnomusikologi Arifninetrirosa, SST., M.A., Sekprodi Etnomusikologi Drs. Bebas Sembiring, M.Si., dan beberapa dosen lainnya di lingkungan FIB USU.

21 April 2018, dua sivitas akademika MPPSn FIB USU, yakni Muhammad Takari dan Setia Dermawan Purba mengikuti rapat Tim Pemajuan Seni dan Budaya Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dilangsungkan di Museum Deli Serdang. Kegiatan diprakarsai oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang. Rapat tim ini dipimpin oleh Bapak Dani Afrianto, selaku kepala bidang seni budaya.24 April 2018, di Ruang Kuliah Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara dilaksanakan Ujian Bidang Ilmu dan Wawancara kepada seluruh calon mahasiswa yang mendaftar pada Gelombang I. Ujian ini melobatkan Kaprodi dan Sekprodi, yang dilaksanakan mulai jam 14.00 sampai 16.00 WIB. Harapan Prodi MPPSn semoga melalui ujian ini, terseleksi mahasiswa dengan kemampuan saintifik dan keterampilan seni yang baik.Jumat, 8 Juni 2018, dalam rangka memperkuat silaturrahmi antarsivitas akademika Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, maka Prodi dalam hal ini dikordinasikan oleh angkatan 2017 menyelenggarakan Acara Buka Puasa Bersama, yang diselenggarakan bertempat di Gedung MPPSn FIB USU, Jalan Universitas 19 Medan. Hadiri dalam acara tersebut para mahasiswa, alumni, kaprodi, sekprodi, para dosen, dan para undangan lainnya. Semoga acara ini menjadi salah satu pengikat integrasi sosial di kalangan sivitas akademika MPPSn FIB USU.12 Juli 2018, Ketua Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Muhammad Takari, diundang oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan sebagai narasumber untuk kesenian pada Lokakarya Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang diselenggarakan di Hotel Grand Aston Medan. Bersama kaprodi, diundang juga Prof. Dr. Robert Sibarani, M.S. untuk mengemukakan warisan budaya tak  benda Sumatera Utara. Acara ini dihadiri oleh utusan-utusan dionas kebudayaan, para akademisi, mahasiswa, dan praktisi kebudayaan seluruh kabupaten kota di Sumatera Utara.15, 16, dan 17 Juli 2018, Program Studi MPPSn FIB USU, kedatangan dua tamu terhormat yakni dua asesor dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi, untuk mengasesmen prodi. Keduanya adalah, (1) Dr. Djuli Priambudi, M.Sn. dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan (2) Dr. Usriawan Dafri, M.Hum. Keduanya melaukan asesmen di prodi dan sebelumnya mengasesmen Fakultas Ilmu Budaya. Hadir dalam proses akreditasi itu: Dekan FIB USU Dr. Budi Agustono, M.S.; Wakil Dekan II FIB USU, Dra. Heristiona Dewi, M.Pd., dan Wakil Dekan III, Prof. Ikhwanuddin Nasution, M.Si. Juga kaprodi dan Sekprodi, para dosen MPPSn seperti Dr. Nurlela, Kumalo Tarigan, Ph.D., Dr. Dardanila, Dr. Asmyta Surbakti, dan lain-lainnya. Begitu pula para mahasiswa, alumni, dan stakeholder, yakni Ketua Dewan kesenian Sumatera Utara, Wadir III Sekolah Tinggi Theologia Trinity, dan Kabid Kebudayaan Disporabud Deliserdang. Suasana akreditasi terjalin dengan natural, akrab, dan mesra. Besar harapan sivitas akademika, semoga Prodi MPPSn mendapatkan hasil akreditasi yang terbaik.Tanggal 25 sampai 26 Juli 2018, bertempat di Ruang Senat Akademik, Biro Rektor Universitas Sumatera Utara, diselenggarakan lokakarya pengisian data-data di tingkat Program Studi di lingkungan USU. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Manajemen Mutu (UMM) yang dikomandoi oleh Bapak Dr. Ing Ikhwansyah Isranuri. Pada lokakarya tersebut diundang semua kaprodi di lingkungan USU. Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Jonner Hasugian dan kawan-kawan. Inti lokakarya ini adalah pentingnya merekam data-data akademik, terutama untuk memenuhi borang dalam konteks akreditasi.Tanggal 26 Juli 2018 di Hotel Grand Kanaya Medan, diselenggarakan Rapat Kerja Fakultas (RKF) Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara. Dalam kegiatan ini dilakukan diskusi dan pemecahan masalah-masalah akademik, kemahasiswaan, dan lain-lain selama ini di FIB dan ke arah depannya. Hadir pada kegiatan rapat kerja ini adalah Dekanat dan semua kaprodi, sekprodi, tenaga akademik di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara. Acara dibuka oleh Dekan, kemudian membahas isu-isu terkini di bidang pendidikan dan kemahasiswaan oleh Wakil Dekan I, dilanjutkan kepada masalah keuangan, sarana, dan prasarana oleh Dekan II, kemudian ditanggapi oleh para peserta rapat secara natural saja. Kemudian pukul 12.00 istirahat dan makan siang. Acara dilanjutkan pada jam 14.00 WIB dengan acara pembahasan mengenai kerjasama, penelitian, pengembangan oleh Wakil Dekan III. Hasil dari rapat kerja ini menjadi acuan dalam kegiatan semester yang akan datang ini. Kegiatan berakhir pada pukul 16.00 WIB.Tanggal 27 Juli 2018, Ketua Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU, yang juga selaku Ketua Komunitas Penciptaan dan Pengkajian Seni Sumatera Utara, menerima Anugerah Mitra Kerjasama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, di Gedung Perpusnas Jakarta. Anugerah ini diberikan atas semua aktivitas penelitian dan publikasi-publikasi komunitas PPSn Sumut selama ini, yang turut mencerdaskan bangsa melalui kajian-kajian kebudayaan. 
 
Senin, 30 Juli 2018, di Ruangan Sidang Ujian Prodi MPPSn FIB USU, diselenggarakan dua ujian. Yang pertama adalah ujian proposal tesis (kolokium) atas nama Jon Karya Sukatendel. Mahasiswa ini mengajukan proposal penelitian yang bertajuk "Perkolong-kolong dalam Upacara Perkawinan pada Masyarakat Karo: Analisis Bentuk, Fungsi, dan Makna." Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan para penguji: Dr. Dardanilla, Dr. Pulumun Ginting, Kumalo Tarigan, Ph.D., Torang Naiborhu, M.Hum., dan Muhammad Takari, Ph.D. Hasilnya proposal yang diajukan Jon Karya dinyatakan diterima. Sesi ujian kedua adalah, ujian karya seni musik hasil penelitian yang diajukan oleh Aqsa Mulya. Adapun judul karya seni musik Aqsa adalah berjudul Tambang, yakni sebuah gagasan sosiomusikal yang berasal dari kebudayaan nelayan Melayu di Pangkalanberandan Langkat. Karya ini merupakan ekspresi seni mengenai kehidupan para pengayuh tambang tersebut dalam menyeberangkan para penumpangnya dari Pulau Perlis ke Pangkalan Berandan. Karya ini memakai idiom-idiom musik Melayu. Hasilnya karya ini diterima dalam ujian seminar hasil peneltiian dan diangkat ke dalam karya. Tanggal 3 Agustus 2018, karya ini secara utuh digelar pada Taman Budaya Sumatera Utara.

Tanggal 15 sampai dengan 18 Agustus 2018, di Prime Plaza Hotel Deliserdang dilaksanakan International Workshop on Serampang Dua Belas Dance. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang. Tujuan utama diselenggarakannya workshop ini adalah untuk mencari norma-norma acuan bagi penilaian lomba atau festival tari Serampang Dua Belas di kalangan para pelaku, ilmuwan, dan aaktivis tari ini. Seperti diketahui dalam perkembangan-perkembangan kontemporer kesenian Melayu, terdapat perbedaan persepsi dalam penilaian lomba tari ini, untuk itulah dicarai titik-titik temu untuk semakin baiknya perkembangan kesenian ini. Kegiatan ini dihadiri oleh para seniman tari dan musik Deliserdang, Para seniman tamu dari kabupaten kota se Sumatera Utara, Kepri, Riau, Sumatera Selatan, juga dari Johor Malaysia.  Beberapa sivitas akademika MPPSn FIB USU juga hadir dalam acara ini, di antaranya adalah Muhammad Takari, Afri Delainsyah, Nadra Manalu, dan lain-lainnya. Ada lima narasumber yang memberikan materi yakni: Yose Rizal, Tengku Lisa Nelita, Tengku Mira Sinar, Dilinar Adlin, dan Muhammad Takari. Semoga kegiatan ini menjadi suluh bagi perkembangan tari Serampang Dua Belas dan tari-tari Melayu dan etnik lain di kawasan ini, amin.Tanggal 17 Agustus 2018, hari Jumat, bertepatan dengan hari ulang tahun ke 73  kemerdekaan Republik Indonesia, pada upacara nasional HUT RI di Universitas Sumatera Utara Medan, di Biro Rektor USU, Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya USU, mendapat penghargaan dari Rektor Universitas Sumatera Utara atas prestasi yang diraih yakni mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Tahun 2018. Pihak Universitas Sumatera Utara, dalam hal ini memberikan Piagam dan Plakat kepada MPPSn, yang diterima langsung oleh Sekprodi Drs. Torang Naiborhu, M.Hum. Harapan segenap warga USU semoga USU lebih berjaya lagi ke masa depan, dalam kerangka memajukan pendidikan di Indonesia pada umumnya.​Pada hari Rabu, 12 September 2018, di Gelanggang Mahasiswa, Universitas Sumatera Utara Medan, mulai pukul 8.00 sampai 17.00 WIB diselenggarakan Seminar Budaya Mutu Perguruan Tinggi. Para pemakalah dalam seminar ini adalah: (1) Prof. Dr. Aris Junaidi, (2) Prof. Dr. Johanes Gunawan,  (3) Prof. Dr. rer. nat Imam Buchari; (4) Prof. Dr. Drg. Hanna H. Bachtiar, SpRKG(K);  (5) Dr. Feri Kusnandar; (6) Dr. Wonny Ahmad Ridwan, S.E., M.M. Beberapa peserta seminar adalah kaprodi di lingkungan USU, serta mahasiswa program sarjana.
Hadir dalam seminar tersebut, Dekan, Wadek I, II, dan III FIB USU, dan juga Kaprodi MPPSn FIB USU. Kamis, 13 September 2018, di Gedung Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, diselenggarakan Rapat Persiapan Minggan dalam rangka Simposium II MEI-APSEI (Masyarakat Etnomusikologi Indonesia dan Asosiasi Program Studi Etnomusikologi Indonesia) yang rencananya diselengarakan di Gedung Pariwisata FIB USU 28-29 September 2018. Hadir dalam rapat tersebut para anggota panitia dan dekanat, antara lain: Prof. mauly Purba, Ibu Heristina, Frida Deliana, Torang Naiborhu, Muhammad Takari, fadlin, Muhammad Pujiono, Arifni, Bebas, Ponisan, dan lain-lainnya.20 September 2018, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan ulang tahun (Dies Natalis) Ke-53. Acara Dies ini dilaksanakan di Gedung Pariwisata Universitas Sumatera Utara. Dalam kegiatan itu diaksanakan Orasi Ilmiah oleh Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu, S.S., M.A., yang berjudul "Menenun Kultur Literasi dalam Era Revolusi Industri 4.0: Tawaran Humaniora bagi Masyarakat Digital. Prodi MPPSn menghadiri acara ini, yakni diwakili oleh Kaprodi dan Sekprodi.21 September 2018, Program Studi Magister Penciptaan dan Pnegkajian Seni melakukan ujian tertutup tesis terhadap mahasiswa Denata Rajagukguk. Tesis yang diajukannya berjudul "Analisis Strukltur dan Fungsi Gua;l dalam Upacara Sayur Matua Masyarakat Simalungun di Kecamatan Raya." Para penguji adalah: Dr. Dardanila, Dr. Asmyta Surbakti, Kumalo Tarigan, Ph.D., Prof. Mauly Purba, Ph.D.; dengan pembimbing Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, dan Muhammad Takari, Ph.D., serta sekretaris panitia Drs. Torang naiborhu, M.Hum. ​​​SIMPOSIUM II MEI-APSEIHari Jumat sampai Sabtu, tepatnya tanggal 28-29 September 2018, Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU, bekerjasama dengan FIB USU, Program Studi Etnomusikologi FIB USU, Masyarakat Etnomusikologi Indonesia (MEI). dan Asosiasi  Program Studi Etnomusikologi APSEI), menyelenggarakan Simposium II MEI-APSEI. Simposium yang diselenggarakan kali ini bertaraf internasional, dengan melibatkan para ilmuwan etnomusikologi dari empat negara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailad, dan Amerika Serikat. Di antara pembicara dalam simposium ini adalah: (1) Endo Suanda, M.A., Ph.D. (etnomusikolog dari Bandung); (2) Nadia Widyamati Madzhi, Ph.D. (Universiti Teknologi MARA, Shah Alam Malaysia); (3) Emily Coackley, M.A. (Pittsburg University, Amerika Serikat); (4) Dr. Surasak Jamnonsang, M.F.A. (Thailand); sebagai pembicara utama.Acara simposium ini dibuka oleh Simposium ini dibuka oleh Dekan FIB USU, Dr. Budi Agustono, pada jam 16.00 WIB, yang menurut beliau adalah sebagai sarana dialog akademis di kalangan etnomusikolog Indonesia. Simposium ini ke depannya akan sangat menentukan eksistensi etnomusikologi di Indonesia. MEI dan APSEI adalah lembaga yang mengurusi perkembangan disiplin etnomusikologi di Indonesia, dan mengarahkannya ke masa depan. Keduanya dibentuk di Yogyakarta tanggal 18 Mei 2017 yang  lalu. Dengan sekretariat di Jurusan Etnomusikologi, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.Para peserta seminar adalah para pengurusnya yang tersebar pada lima Program Studi Etnomusikologi Indonesia, yakni di Institut Kesenian Indonesia Jakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Mulawarman, dan Universitas Sumatera Utara sendiri. Juga dihadiri para ilmuwan seni dari Unimed, Universitas HKBP Nommensen, ISBI Aceh, dan lain-lainnya. Demikian pula para mahasiswa Etnomusikologi FIB USU, mahasiswa Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU, dan para undangan, yang jumlah keseluruhan peserta adalah 100 orang.Tema yang dibicarakan dalam simposium kali ini  adalah tentang bagimana sumbangan MEIdan APSEI terhadap pemajuan kebudayaam, seperti yang diamanahkan secara yuridis melalui Undang-undang Pemajuan Kebudayaan  Nomor 5 Tahun 2017. Dalam konteks tersebut para etnomusikolog sangat berperan dalam memajukan kebudayaan bangsa Indonesia. Peran mereka ini di antaranya adalah dalam hal menerapkan  asas:  toleransi, keberagaman, kelokalan, lintas wilayah, partisipatif, manfaat, keberlanjutan, kebebasan berekspresi, keterpaduan, kesederajatan, dan gotong royong dalam konteks kebudayaan, dan yang lebih spesifik kebudayaan musikal. Selain itu, dalam konteks sosial, peran etnomusikolog Indonesia dapat memajukan berbagai bidang kebudayaan, seperti: tradisi lisan, manuskrip, adat, upacara, etnosains, teknologi etnik, seni secara umum, permainan rakyat, dan  olah raga tradisional.​Para penyaji makalah juga membahas mengenai: apa itu etnomusikologi, ke manakah arahnya, wacana antara pengkajian dan penciptaan dalam etnomusikologi, dan lainnya. Tema-tema seperti nyanyian ratapan kematian, organologi akustik, persepsi etnomusikologi, musik dalam agama Katolik, teori dan metode etnomusikologi, studi-studi kasus menjadi perhatian para etnomusikolog dalam simposium ini.Acara simposium ditutup pada malam hari dengan menonton bersama sebuah pertunjukan musik yang diberi tajuk “Pertunjukan Seni Budaya Nusantara.” Kegiatan ini didukung oleh para seniman-seniman Etnomusikologi dan Lembaga Kesenian USU, seperti Marsius Sitohang (si raja sulim dari Tano Batak), Sapna Sitopu (penyanyi tradisi Simalungun), Arifni Netrirosa (seniman tari  dan Kaprodi Etnomusikologi FIB USU), Eva Gusmala Yanti, yang dikelola oleh para dosen seperti Prikuten Tarigan, Hubari Gulo, Anto Ginting, Fadlin, dan lain-lain. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Wakil Dekan II FIB USU, Dra. Heristina Dewi, M.Pd. berkata, “ Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjayakan acara simposium ini, dalam tujuan mulia, agar etnomusikologi di Indonesia ke depan dapat berperan lebih baik lagi untuk kemajuan peradaban bangsa.”Di bawah ini adalah makalah-makalah yang masuk dalam prosiding Simposium II Masyarakat Etnomusikologi Indonesia dan Asosiasi Program Studi Etnomusikologi Indonesia.

agus_maulana.docx
Download Filearifni.docx
Download Filebambang_afrianto.docx
Download Fileblessta.docx
Download Filedwi_prasetyo_nugroho.docx
Download Fileharyanto_taliwangsa.docx
Download Fileeli_irawaty.docx
Download Filehubari_gulo.docx
Download Filefrida.docx
Download File
khairuna_anhar.docx
Download Filehappy_majesty.docx
Download Filelukas_tarigan.docx
Download Filemei-denata.docx
Download Filemuhammad_takari.doc
Download Filenaomi_pasaribu.docx
Download Filenyoman_cau_isi_yk.docx
Download Filesahat_sinaga.docx
Download Filesetia_dermawan_purba.docx
Download Filesupriyadi.docx
Download Filetorang_naiborhu.docx
Download Fileulfatun_hasanah.docx
Download FileSabtu, tanggal 13 Oktober 2018, setelah selesai mengadakan aktivitas kuliah, para mahasiswa Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, menyelenggarakan Acara Malam Keakraban dan Syukuran Atas Akreditasi. Acara ini dilaksanakan di Kladera Cafe, Jalan Sisingamangaraja Kota Medan. Hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, para dosen seperti Setia Dermawan Purba, Kumalo Tarigan, Fadlin, dan kawan-kawan. Dalam acara ini juga diserahterimakan jabatan ketua mahasiswa Prodi MPPSn dari Sahat Sinaga kepada Ojax Manalu. Acara disertai dengan pertunjukan musik dan tari etnik dan lagu-lagu populer. Tidak lupa doa dan harapan kepada Tuhan ke depan Prodi MPPSn lebih berjaya lagi.Jumat, 19 Oktober 2018, pukul 8.00 sampai 11.30 WIB, dilaksanakan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) di Gelanggang Mahasiswa USU. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak Universitas Sumatera Utara. Hadir dalam kegiatan dimaksud Inspektur Jenderal Kemenristekdikti, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. Beliau memaparkan tajuk untu Musrembang ini, "Merintis Perguruan Tinggi Bermutu dan Berdaya Saing Internasional pada Revolusi Industri 4.0. Pihak Prodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU, mengutus Kaprodi dan Sekprodi dalam kegiatan dimaksud. Hadir pula dalamn kegiatan ini Rektor dan para wakil rektor USU, para dekan di lingkungan USU, serta kaprodi dan sekprodi di lingkungan USU.
​​
Kamis, 25 Oktober 2018, bertempat di Ruang Rapat Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, diselenggarakan Workshop Penulisan dan Penerbitan Buku oleh Penerbit Ombak Yogyakarta, yang mengutus narasumbernya, Nursyam, S.S. Dalam workshop tersebut, hadir Wakil Dekan III, Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M.Si., yang membuka secara resmi acara ini. Hadir juga Ketua Panitia workshop Dr. Muhammad Takari, M.Hum., Ph.D. yang juga adalah Kaprodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU, Dr. Dardanila selaku sekretaris panitia, Dr. Edi Setia sebagai moderator, para dosen di lingkungan FIB USU, antara lain Drs. Eddy Sumarno, M.Hum., Drs. Fadlin, M.A., Dr. Siti Norma, M.Hum., Drs. Torang Naiborhu, M.Hum., Dr. Nurlela, dan lain-lainnya. Para peserta workshop adalah para mahasiswa magister: Bahasa Inggris, Linguistik, Ilmu Sejarah, Penciptaan dan Pengkajian Seni, serta S3 Linguistik. Acara ini mendapat sambutan hangat dari para peserta, yang menayakan seputar penulisan dan penerbitan buku. Semoga ke dapan FIB USU akan terus menjalin kerjasama yang erat dengan Penerbit Ombak Yogyakarta.Kamis, 25 Oktober 2018, di pelataran parkir Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan, dilaksanakan Festival Budaya Melayu 2018 oleh Program Studi Sastra Melayu, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, terutama oleh unsurnya IMSAM (Ikatan Mahasiswa Sastra Melayu). Kegiatan festival ini dilakukan terutama oleh para mahasiswa Sastra Melayu USU. Acara dibuka oleh Disbudpar Sumut Cut Umi didampingin Wakil Dekan III, Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M.Si., juga Kaprodi Sastra Melayu Dr. Rozanna Mulyani, M.A. dan Sekprodi Dr. Mardiah Mawar Kembaren, M.A., serta dihadiri oleh para kaprodi dan sekprodi di lingkungan FIB USU, mahasiswa, termasuk pula para undangan. Dalam festival ini ditampilkan seni budaya Melayu yang terkonsentrasi pada panggung utama. Di kala petang hari disajikan sebuah penampilan makyong kontemporer, yang mendapat sambutan yang meriah dari para penonton. Turut mengisi acara adalah para seniman-seniwati Melayu seperti: Zulham Jaiz, Syafrizal, Buyung, dan lain-lainnya.

Selasa, 30 Oktober 2018, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan, menyelenggarakan Seminar Internasional Sastra Bandingan Indonesia-Malaysia. Pada kegiatan ini, panitia menghadirkan dua orang narasumber, yakni: (1) Prof. Dr. Norhayati Ab Rahman dan (2) Dr. Dato' Abdul Malik, M.Pd. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa linguistik, sastra Melayu, etnomusikologi, sastra Indonesia dan lain-lainnya. Dato' Abdul Malik menyajikan tema Sastra Melayu di Kepulauan Riau di sisi lain Puan Norhayati menyajikan Sastra Bandingan Wanita di Indonesia dan Malaysia. Acara ini dibuka oleh Wadek III FIB USU, Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M.Si.2 November 2018, di Kantor Bupati Serdang Bedagai diselenggarakan rapat persiapan pembentukan desa budaya Melayu dan desa-desa budaya etnik lainnya untuk kawasan Serdang Bedagai. Acara ini dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman, yang dihadiri oleh para seniman, tim ahli, budayawan, ilmuwan, dan unsur desa. Dalam kaitan ini telah dibentuk tim pembentukan desa budaya Sergai. Dalam kesempatan ini hadir para tim ahli yang sebahagiannya adalah warga sivitas akademika USU, dari FIB adalah bapak Dekan dan Kaprodi MPPSn.​Sabtu malam Minggu, tanggal 3 November 2018, di Gelanggang Mahasiswa, Universitas Sumatera Utara Medan, diselenggarakan Pertunjukan Nyanyian Rakyat Simalungun, yang dikelola oleh salah seorang Dosen Program Studi Etnomusikologi, Drs. Setia Dermawan Purba, M.Si. Kegaiatan ini meruapakan salah satu bentuk program penciptaan seni yang didukung oleh Program DRPM (Dana Riset dan Pengabdian pada Masyarakat) Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2018. Acara ini didukung oleh para seniman Simalungun, mahasiswa Etnomusikologi FIB USU, organisasi-organisasi kepemudaan Simalungun, serta lembaga adat Partuha Maujana. Hadir pada acara tersebut DPP Partuha Maujana, Ketua DPC Partuha Maujana Kota Medan, para dosen di lingkungan Etnomusikologi dan MPPSn FIB USU, serta para undangan, yang jumlahnya mencapai hampir 1000 orang. Acara ini dibuka oleh Kaprodi MPPSn FIB USU mewakili pihak dekanat.Tanggal 5 November 2018, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan rapat tentang perencanaan kerja FIB yang dimulai dari tingkat Program Studi. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas Ilmu Budaya USU Medan. Rapat dihadiri oleh semua Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FIB USU. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIB USU, yang kemudian dilanjutkan oleh Wadek II dan Wadek I. Inti dari rapat ini adalah sosialisasi untuk memasukkan secara online rancangan kegiatan semua prodi pada tahun 2019, yang insya Allah akan ditetapkan oleh MWA USU. Bentuk kegiatan adalah sosialisasi prodi, workshop, Praktik Kerja Lapangan, dan kuliah umum. Tahun 2019, tumpuan kegiatan adalah pada mahasiswa yang mengikuti lomba-lomba terutama yang ditawarkan oleh Kemenristek Dikti, dan juga perlombaan di peringkat internasional.

Tiga hari, tanggal 16, 17, dan 18 November 2018, bertempat di Hotel Sari Pacifik, Jalan M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, diselenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Pembahasan Penyusunan Petunjuk Teknis Pembuatan Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019. Kaaprodi MPPSn  FIB USU, Muhammad Takari diundang sebagai Narasumber/Pembahas dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tersebut.  Jadwal acara sebagai berikut. (A) Jumat, 16 November 2018, 16.00 Check In;  19.00 – 19.30 Pembukaan Ketua; 19.30 – 22.30 Pembahasan Penyusunan Petunjuk Teknis Pembuatan Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019; (B) Sabtu, 17 November 2018, 08.00 – 12.00, Lanjutan Pembahasan Penyusunan Petunjuk Teknis Pembuatan Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019; 12.00 – 13.30 Ishoma;  13.30 – 18.00 Lanjutan Pembahasan Penyusunan Petunjuk Teknis Pembuatan Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019; 18.00 – 19.30 Ishoma; 19.30 – 22.30 Lanjutan Pembahasan Penyusunan Petunjuk Teknis Pembuatan Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019; (C) Minggu, 18 November 2018, 08.00 – 10.30 Lanjutan Pembahasan Penyusunan Petunjuk Teknis Pembuatan Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019; 10.30 – 11.30 Simpulan Pembahasan Penyusunan Petunjuk Teknis Pembuatan Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019 11.30 – 12.00 Penutupan Ketua; 12.00 Check Out.Rabu, 21 November 2018, mulai pukul 08.30 WIB sampai selesai pukul14.00 WIB  diselenggarakan Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Pendidikan, Pengkajian, dan Penciptaan Musik  di Era Globalisasi, di Gedung Digital Library Lantai IV, Universitas Negeri Medan. Dalam seminar ini, panitia menghadirkan lima narasumber, yakni Dr. Phil. Edy Sukmayadi, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung; Dr. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum. dari Universitas Negeri Semarang; Drs. Muhammad Takari, M.Hum., Ph.D. dari Universitas Sumatera Utara; Dr. Panji Suroso, M.Si. dari Universitas Negeri Medan; dan Dr. Pulumun P. Ginting, S.Sn., M.Sn. dari Universitas Negeri Medan. Acara dibuka oleh Ibu Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unimed, Dr. Isda Pramuniari, yang dihadiri segenap dosen Jurusan Pendidikan Musik, para Kaprodi, mahasiswa musik, dan seluruh undangan.Rabu, tanggal 5 Desember 2018, bertempat di Ruang Aula Komisi Penyiaraan Indonessia  (KPID) Jalan Adinegoro No. 7 Medan, diselenggarakan Rapat Persiapan KPID Awards 2018. Acara ini diselenbgarakan oleh KPI. D8 dalamDaerahnya dilakukan sistematika penjurian KPID-SU Awards 2018.  Para Dewan Juri terdiri dari Drs. H. Muhammad Fitriyus, S.H., M.SP.; Prof. Dr. Suwardi, M.S.; Dr. H. Ardiansyah; Drs. Muhammad Takari, M.Hum., Ph.D.; Raras Sutatminingsih, S.Psi., M.Si., Ph.D.; Drs. Syafruddin Pohan, M.Si., Ph.D.; Parulian Tampubolon, S.Sn.; Drs. Rachmad Karo-karo; Drs. Muhammad Syahrir, Mutia Atiqah, S.S.; Drs. Jaramen Purba, MAP.; Ramses Simanullang, S.E., M.Si.Sabtu, 8 Desember 2018, bertempat di Aula Gedung Dakwah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, dilaksanakan pelantikan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Melayu Indonesia (HIMMI) oleh Dato' Seri Syamsul Arifim, S.E. selaku Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia. Dalam sambutannya Syamsul Arifin menitipkan tamadun Melayu kepada segenap pengurus HIMMI. Beliau sangat mengapresiasi tema yang diusung oleh pengurus baru PB HIMMI ini yakni: "Kebersamaan Intelektual dalam Membina Peradaban Melayu dalam Konteks Keislaman dan Keindpnesiaan. Ketua Umum PB HIMMI, Tamami menyebutkan bahwa Melayu itu adalah peradaban yang teosentris, yang memformulasikan identitas dengan adat bersendi syarak dan syarak bersendi kitabullahl syarak mengata adat memakai. Kemudian ke depan HIMMI akan menjayakan tamadun Me;ayu. Hadir Kaprodi MPPSn FIB USU yangbturut serta melantik Pengurus Besar HIMMI Periode 2018-2020 ini.Pada 11 Desember 2018, Akademi Pengajian Melayu Universiti Malaya bekerjasama dengan Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara; dan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, menyelenggarakan Seminar Nusantara Kajian dan Penciptaan Seni. Acara ini diadakan di Akademi Pengajian Melayu UM, dari pukul 8.30 sampai 12.30 waktu Malaysia. Kegiatan ini merupakan bahagian dari pelaksanaan mata kuliah Seminar pada Prodi MPPSn FIB USU, yang sesuai dengan visi dan misinya adalah berperan aktif dalam kebudayaan global, dalam hal ini kebudayaan masyarakat Asia tenggara (Indonesia dan Malaysia). Selain itu, dilakukan kegiatan lain, yakni Bengkel Muzik dan Vokal dalam Kesenian Randai pada tanggal 10/12/2018, dan pada malam hari tanggal 11/12/2018 dipertunjukkan teater tradisional Minangkabau, Randai, dengan judul "Si Jundai" yaitu tradisi supernatural (guna-guna) untuk menyakiti seseorang yang menolak cinta. Seluruh rangkaian kegiatan ini diberi tajuk JELAJAH SENI NUSANTARA 3.0. Dokumentasi foto-foto kegiatan ini dapat diunduh pada tautan: http://www.magisterseniusu.com/
uploads/1/8/0/0/1800340/um-2018.pdf  
​ 
undangan_rapat_dewan_juri_kpid_award.pdf
Download File​Tanggal 11 Desember 2018, Akademi Pengajian Melayu Universiti Malaya bekerjasama dengan Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara; dan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, menyelenggarakan Seminar Nusantara Kajian dan Penciptaan Seni. Acara ini diadakan di Akademi Pengajian Melayu UM, dari pukul 8.30 sampai 12.30 waktu Malaysia. Kegiatan ini merupakan bahagian dari pelaksanaan mata kuliah Seminar pada Prodi MPPSn FIB USU, yang sesuai dengan visi dan misinya adalah berperan aktif dalam kebudayaan global, dalam hal ini kebudayaan masyarakat Asia tenggara (Indonesia dan Malaysia). Selain itu, dilakukan kegiatan lain, yakni Bengkel Muzik dan Vokal dalam Kesenian Randai pada tanggal 10/12/2018, dan pada malam hari tanggal 11/12/2018 dipertunjukkan teater tradisional Minangkabau, Randai, dengan judul "Si Jundai" yaitu tradisi supernatural (guna-guna) untuk menyakiti seseorang yang menolak cinta. Seluruh rangkaian kegiatan ini diberi tajuk JELAJAH SENI NUSANTARA 3.0. Dokumentasi foto-foto kegiatan ini dapat diunduh pada tautan: http://www.magisterseniusu.com/
uploads/1/8/0/0/1800340/um-2018.pdf  
​ 
Dalam kegiatan Jelajah Seni Nusantara ini, dimulai dengan bengkel pertunjukan randai pada tanggal 10 Desember 2018. Rombongan dari MPPSn dan Etnomusikologi FIB USU datang pagi hari jam 7.00 WIB yang dipimpin oleh Drs. Fadlin, M.A., dan Drs. Torang Naiborhu, M.Hum. Rombongan datang dengan naik pesawat Air Asia, kemudian sampai di KLIA 2 menyambng dengan moda transportasi Aerobus, turun di KL Central, menyambung dengan MRT turun di Pasr Seni dan menuju Hotel Mandarin Pacific Kualalumpur Jalan Sultan. Dari siang hingga malam rombongan berkunjung ke KLCC. Di sana mereka berfoto-foto dan berselfie menikmati keindahan air mancur dan pohon natal besar di KLCC ini, demikian pula belanja dan menikmati makan malam bersama di RM Signature. Kemudian malam hari kembali ke hotel, dan mahasiswa yang terlibat pertunjukan untuk keesokan harinya, latihan di hotel. Malam hari mereka tidur. Dan keesokan harinya tanggal 11 Desember 2018, mereka jam 7 pagi waktu setempat berangkat dengan menggunakan moda MRT dari Pasar Seni menuju Kampong Kerinchi. Setibanya di sana rombongan dijemput dengan mobil van menuju Akademi Pengajian Melayu tempat dilaksanakannya seminar dan pertunjukan. Acara dimulai tepat pada pukul 8.30 waktu Malaysia yang dimulai dengan kata aluan dari pengarah program Dr. Effindi Shamsuddin, Dilanjutkan dengan kata-kata ucapan selamat berseminar dan melakukan aktivitas Jelajah Budaya 3.0 oleh Pengarah (Dekan) Akademi Pengajian Melayu Prof. Dr. Puteri Roslina Abdul Wahid. Kemudian berseminarlah para pemakalah dari UM dan juga universiti-universiti lainnya di Semenanjung Malaysia, demikian pula dari FIB USU Medan dan FBS Universitas Negeri Padang. Para peseminar dari USU Medan adalah para dosen dan mahasiswa, dengan bidang-bidang kajian etnomusikologi, tari, teater, dan lainnya, dalam suasana multidisiplin. Di ujung acara, para penari dan musisi MPPSn dan Etnomusikologi FIB USU mempersembahkan tarin kontemporer Piso Surit yang mendapat apresiasi dan aplaus dari para peserta seminar (penonton). Tepat pada pukul 13.00 waktu setempat seminar selesai dan ditutup oleh Dr. Effindi Shamsuddin. Kemudian seluruh peserta makan siang bersama yang telah disediakan oleh panitia UM. Seterusnya pukul 15.00 siang dipertunjukan teter randai di pentas depan Gedung APM ini, yang dilakonkan oleh para mahasiswa dan dosen APM. Pukul 17.00 pertunjukan selesai, dan para peserta kembali ke tempatnya masing-masing, termasuk rombongan dari Etnomusikologi dan MPPSn USU Medan. Keesokan harinya tanggal 12/12/18 sebahagian rombongan kembali ke Medan, dan sebahagian masih menikmati Kuala Lumpur dan melakukan berbagai dialog kerjasama ke masa depan antara APM dan FIB USU serta FBS UNP. Demikian sekilas laporan panitia rombongan dari USU Medan.Pada hari Rabu, tanggal 19 Desember 2018, Ketua Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni FIB USU (Muhammad Takari), dengan kapasitasnya sebagai ilmuwan budaya dan sekaligus Sekretaris Umun Pengurus Besar Majleis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI)  menjadi narasumber dalam aktivitas ilmiah Studi Lapangan dalam bidang Hukum Islam, Jurusan Muamalah, Semester Lima,  Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU), bertempat di Kantor PB MABMI Jln. Brig.Katamso (c.q. Sultan Makmun Al-Rasyid), No. 43 - I Medan.  Rombongan mahasiswa ini dipimpin oleh dosen pengasuhnya Ibu Deliana Lubis, yang membuka kata dengan tujuan mereka bersilaturrahmi ke PB MABMI untuk menambah ilmu tentang eksistensi masyarakat Melayu dan peradabannya. Dalam tausiyah selama dua jam, narasumber didampingi oleh Datuk Yuschan selaku anggota Departeman Adat, Seni dan Budaya beserta Syahril Tambuse, S.H. selaku sekretaris, menjelaskan tentang visi, misi, eksistensi MABMI dan masyarakat Melayu secara umum, juga identitas, adat, sistem kekerabatan, bahasa, agama Islam, dalam tamadun Melayu. Para mahasiswa sangat aktif bertanya hal-hal tentang kebudayaan Melayu. Narasumber menjelaskan mengenai semua tentang kebudayaan dan adat Melayu yang dapat diunduh pada lama web, hhtp://www.mabmi.weebly.com. Di akhir acara dilakukan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan orang-orang penting yang terlibat dalam acara ini, yang diserahkan oleh wakil mahasiswa UIN SU.
​ 

Tanggal 27 Desember 2018, di bagian ujung tahun, Ketua Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, dari pukul 19.00 sampai 22.00 WIB menghadiri KPID (Komisi Penyiaran Independen Daerah) Awards 2018, yang diselenggarakan di LePolonia Hotel. Kaprodi dalam hal ini diundang sebagai salah satu anggota Dewan Juri dalam rangka kegiatan tersebut, yang telah bekerja secara kontinu tiga minggu di Kantor KPID Sumut di Jalan Adinegoro Medan. Keputusan Dewan Juri adalah hasil tapisan secara detil dan penuh dengan pertimbangan. Dalam kegiatan malam itu hadir unsur pimpinan KPI Pusat, Gubsu yang diwakili Bapak Muhammad Fitriyus, Ketua KPID Sumut yang juga alumni Etnomusikologi FIB USU, Parulian Tampubolon, S.Sn., dan segenap jajarannya.
Picture
 
Picture
 
Picture
 
Picture
 
Picture
 
Picture