icon front default3

Strategi
     Strategi yang dilakukan oleh Program Studi Etnomusikologi FIB USU untuk mencapai sasaran tersebut adalah sebagai berikut.
1.    Strategi untuk mencapai sasaran bidang tridarma PT
1.1    Dalam konteks meningkatnya kualitas pendidikan pada Prodi Etnomusikologi FIB USU, terakreditasi dengan nilai tinggi sesuai dengan standar nasional, dan memenuhi standar minimal Society for Ethnomusicology (SEM), maka Prodi Etnomusikologi FIB USU melaksanakan perkuliahan yang berbasis kepada kurikulumnya yaitu dengan konsep membentuk ilmuwan seni berdasarkan bimbingan Tuhan. Strategi adalah melakukan kuliah di kelas, baik teori sebesar 70 % dan praktik 30 %, kemudian mengacu kepada standar-standar pendidikan yang diberikan oleh Badan Akreditasi Naional (BAN) Perguruan Tinggi, yang meliputi standar 1 sampai 7.
1.2    Dalam rangka menyusun dan menyelenggarakan kurikulum yang dinamis dan memenuhi relevansi pendidikan etnomusikologi yang berbasis multidisiplin ilmu, serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, setiap empat tahun sekali diadakan peninjauan dan pembaharuan kurikulum. Namun demikian strategi lainnya adalah setiap tahun yakni di akhir semester genap, Program Studi Etnomusikologi FIB USU melakukan rapat untuk membahas kurikulum yang dilaksanakan selamasetahun terakhir, dan kemudian mencatat dalam notula rapat hasil-hasil rapat kurikulum tersebut. Selain itu, Program Studi Etnomusikologi FIB USU juga berperan aktif dalam melakukan pertemuan nasional untuk membahas tentang keberadaan Program Studi Etnomusikologi di seluruh Indonesia, untuk menghasilkan kurikulum yang membumi secara Indonesia. Ini telah dilakukan di Medan pada tahun 2005 yang lalu, dan dikompilasi dalam bentuk buku yang bertajuk Musikologi Indonesia:Penelitian, Pengajaran, dan Terapan, yang diedit oleh Rithaony, dan diterbitkan oleh Jurnal Etnomusikologi FIB USU. Direncanakan tahun 2016 ini semua Program Studi Etnomusikologi di Indonesia yaitu FIB USU, IKJ, ISI Surakarta, ISI Yogyakarta, dan FIB Universitas Mulawarman (Unmul) akan meneyelenggarakan pertemuaan nasional mebahas kurikulum etnomusikologi di Indonesia.
1.3    Dalam konteks meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen pada Prodi Etnomusikologi FIB USU dalam mewujudkan kualitas pendidikan, dengan target rasio antara dosen dan mahasiswa adalah 1:20; direncanakan 50 % dosen mencapai tingkat pendidikan S-3 pada tahun 2020, maka Prodi Etnomusikologi FIB USU, secara aktif mencarikan peluang dan beasiswa pendidikan untuk para dosennya. Saat ini (2015) dosen yang berpredikat doctor ada dua, namun diperkirakan pada 2016 akan bertambah tiga menjadi lima doktor, dan pada 2018 akan bertambah satu lagi doktor menjadi enam orang, dan 2020, paling tidak sudah ada tujuh dosen yang bergelar doctor di Prodi Etnomusikologi FIB USU. Selaain itu, untuk meningkatkan kuantitas dosen, maka Prodi Etnomusikologi berperan aktif meminta peluang untuk ditambah para dosennya.
1.4    Kemudian untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada Prodi Etnomusikologi FIB USU, yang mencakup perancangan, pembelajaran, dan evaluasi (controlling), dengan targetnya rerata kelulusan mahasiswa adalah 4,5 tahun, maka Prodi Etnomusikologi FIB USU melakukan strategi pembelajaran berupa teori, praktik, dan campuran, dengan tatap muka di kelas, yaitu untuk 2 SKS (sistem kredit semester) adalah sebanyak 16 kali tatap muka, dengan diselingi oleh ujian tengah semester (UTS) dan disudahi pada ujian akhir semester (UAS), setiap tatap muka adalah 2 x 50 menit, ditambah dengan tugas mandiri kepada para mahasiswa.
1.5    Meningkatnya jumlah dan kualitas penelitian, yang didukung dengan meningkatnya pemanfaatan hasil-hasil penelitian, untuk diaplikasikan kepada pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Targetnya setiap dosen (dibantu mahasiswa) setiap tahun menghasilkan satu karya penelitian, baik itu penelitian hibah bersaing, dana dari luar institusi, mandiri, dan lainnya yang sifatnya melembaga.
1.6    Meningkatnya karya ilmiah yang dipublikasikan di berbagai jurnal di peringkat lokal, nasional, dan internasional. Targetnya setiap tahun ada 25 karya ilmiah yang dipublikasikan.
1.7    Meningkatnya secara kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat, dengan target setiap dosen melakukan pengabdian pada masyarakat satu kali dalam setahun.
1.8    Menjadi pelopor pemberdayaan (empowering) seni budaya etnik di Indonesia dalam koteks ekonomi kreatif dan kepariwisataan, selaras dengan kebijakan pemerintah. Berdampak kepada terselenggaranya fungsi-fungsi manajemen yang transparan, kredibel, akuntabel, adil, dan bertanggung jawab.

2.    Strategi untuk mencapai Sasaran Bidang Organisasi dan Pengelolaan
2.1    Tersusunnya struktur organisasi yang semakin efektif, efesien, produktif, dan berdampak kepada terselenggaranya fungsi-fungsi manajemen yang transparan, kredibel, akuntabel, adil, dan bertanggung jawab.
2.2    Berkembangnya kemampuan pengelolaan anggaran berbasis kinerja yang efektif dan efisien. Targetnya adalah hasil audit Satuan Pengawas Internal USU, Inspektorat Jenderal Dikti, dan BPK yang wajar tanpa pengecualian.
2.3    Terselenggaranya pola pengembangan sumber daya manusia (SDM). Targetnya berupa evaluasi kinerja dosen dalam kategori baik.

3.    Strategi untuk Mencapai Sasaran Bidang kemahasiswaan dan Lulusan (Alumni)
3.1    Meningkatnya kualitas kegiatan akademik dan kemampuan penalaran mahasiswa meliputi cara berpikir kritis, analitis, bertanggung jawab yang memperkuat karakter pribadi sebagai manusia Indonesia seutuhnya, mengacu kepada nilai-nilai agama dan budayanya, untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan.
3.2    Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan dirinya sebagai insane yang bertakwa dan berguna bagi bangsa dan negaranya. Targetnya setiap tahun mahasiswa ini ada yang juara kesenian di peringkat daerah dan nasional.
3.3    Meningkatnya peran serta alumni dalam pengembangan diri dan almamater. Target rencana setiap tahun dilakukan reuni alumni dan terselenggaranya tracer study minimal sekali setahun.
3.4    Meningkatnya pelayanan kepada mahasiswa yang meliputi beasiswa dan pelayanan kesehatan. Target mahasiswa berprestasi, dan pelayanan kesehatan kepada semua mahasiswa yang membutuhkan dan berkoordinasi dengan RS USU.
3.5    Merintis pertukaran mahasiswa dengan institusi PT seni di luar negeri. Targetnya ada benchmarking ke institusi pendidikan seni di luar negeri.

4.    Strategi untuk mencapai Sasaran Bidang Sarana dan Prasarana
4.1    Tersedianya kebutuhan sarana dan prasarana untuk proses belajar dan mengajar yang memadai untuk mahasiswa dan dosen.
4.2     Terselenggaranya resource sharing sarana dan prasarana yang ada di Universitsa Sumatera Utara.

5.    Sasaran Bidang Kerjasama Institusional
5.1    Tercipta dan terselenggara kerjasama yang mampu dengan efektif mengoptimalkan  jaringan kerja (net working),  untuk mengembangkan jejaring sebagai sarana belajar bagi Program Studi Etnomusikologi yang difasilitasi oleh Fakultas Ilmu Budaya USU dan Universitas Sumatera Utara.
5.2    Berkembangnya kerjasama dan afiliasi di dalam dan luar negeri, dalam konteks meningkatkan kualitas, relevansi, dan daya saing di bidang pengembangan institusi, pendidikan, dan penelitian, termasuk donasi dalam pengembangan penelitian.

 

 

Sasaran
     Tahap sasaran pengembangan Prodi Etnomusikologi FIB USU disesuaikan dengan rencana pengembangan Fakultas Ilmu Budaya, dan Universitas Sumatera Utara, yaitu sebagai berikut:
1.    2014-2016 pemantapan daya saing peringkat nasional;
2.    2017-2019 pemantapan daya saing Asia Tenggara,
3.    2020-2022 pencapaian daya saing Asia,
4.    2023-2025 pencapaian daya saing internasional
(sumber: Silvana Sinar dkk. 2015:33).
     Sasaran perencanaan strategis yang akan dicapai Prodi Etnomusikologi FIB USU dalam lima tahun ke depan untuk mencapai daya saing nasional dibagi ke dalam kelompok utama:
1.    Sasaran bidang tridarma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat);
2.    Sasaran bidang organisasi dan pengelolaaan (manajemen),
3.    Sasaran bidang kemamasiswaan dan alumni (lulusan);
4.    Sasaran bidang sarana dan prasarana; serta
5.    Sasaran bidang kerjasama antar Prodi sejenis di Sumatera Utara, Sumatera, dan nasional, Asia Tenggara, serta semua lembaga yang terkait dengan Prodi Etnomusikologi FIB USU.
     Sasaran dan strategi pencapaian visi, misi, dan tujuan meliputi aspek berikut:
1.    Sasaran bidang tridarma PT
1.1    Meningkatnya kualitas pendidikan pada Prodi Etnomusikologi FIB USU, terakreditasi dengan nilai tinggi sesuai dengan standar nasional, dan memenuhi standar minimal Society for Ethnomusicology (SEM).
1.2    Menyusun dan menyelenggarakan kurikulum yang dinamis dan memenuhi relevansi pendidikan etnomusikologi yang berbasis multidisiplin ilmu, serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Setiap empat tahun sekali diadakan peninjauan dan pembaharuan kurikulum.
1.3    Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen pada Prodi Etnomusikologi FIB USU dalam mewujudkan kualitas pendidikan. Target rasio antara dosen dan mahasiswa adalah 1:20; direncanakan 50 % dosen mencapai tingkat pendidikan S-3 pada tahun 2020.
1.4    Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada Prodi Etnomusikologi FIB USU, yang mencakup perancangan, pembelajaran, dan evaluasi (controlling). Targetnya rerata kelulusan mahasiswa adalah 4,5 tahun.
1.5    Meningkatnya jumlah dan kualitas penelitian, yang didukung dengan meningkatnya pemanfaatan hasil-hasil penelitian, untuk diaplikasikan kepada pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Targetnya setiap dosen (dibantu mahasiswa) setiap tahun menghasilkan satu karya penelitian, baik itu penelitian hibah bersaing, dana dari luar institusi, mandiri, dan lainnya yang sifatnya melembaga.
1.6    Meningkatnya karya ilmiah yang dipublikasikan di berbagai jurnal di peringkat lokal, nasional, dan internasional. Targetnya setiap tahun ada 25 karya ilmiah yang dipublikasikan.
1.7    Meningkatnya secara kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat, dengan target setiap dosen melakukan pengabdian pada masyarakat satu kali dalam setahun.
1.8    Menjadi pelopor pemberdayaan (empowering) seni budaya etnik di Indonesia dalam konteks ekonomi kreatif dan kepariwisataan, selaras dengan kebijakan pemerintah.


2.    Sasaran Bidang Organisasi dan Pengelolaan
2.1    Tersusunnya struktur organisasi yang semakin efektif, efesien, produktif, dan berdampak kepada terselenggaranya fungsi-fungsi manajemen yang transparan, kredibel, akuntabel, adil, dan bertanggung jawab.
2.2    Berkembangnya kemampuan pengelolaan anggaran berbasis kinerja yang efektif dan efisien. Targetnya adalah hasil audit Satuan Pengawas Internal USU, Inspektorat Jenderal Dikti, dan BPK yang wajar tanpa pengecualian.
2.3    Terselenggaranya pola pengembangan sumber daya manusia (SDM).
Targetnya berupa evaluasi kinerja dosen dalam kategori baik.


3.    Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Lulusan (Alumni)
3.1    Meningkatnya kualitas kegiatan akademik dan kemampuan penalaran mahasiswa meliputi cara berpikir kritis, analitis, bertanggung jawab yang memperkuat karakter pribadi sebagai manusia Indonesia seutuhnya, mengacu kepada nilai-nilai agama dan budayanya, untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan.
3.2    Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan dirinya sebagai insane yang bertakwa dan berguna bagi bangsa dan negaranya. Targetnya setiap tahun mahasiswa ini ada yang juara kesenian di peringkat daerah dan nasional.
3.3    Meningkatnya peran serta alumni dalam pengembangan diri dan almamater. Target rencana setiap tahun dilakukan reuni alumni dan terselenggaranya tracer study minimal sekali setahun.
3.4    Meningkatnya pelayanan kepada mahasiswa yang meliputi beasiswa dan pelayanan kesehatan. Target mahasiswa berprestasi, dan pelayanan kesehatan kepada semua mahasiswa yang membutuhkan dan berkoordinasi dengan RS USU.
3.5    Merintis pertukaran mahasiswa dengan institusi PT seni di luar negeri. Targetnya ada benchmarking ke institusi pendidikan seni di luar negeri.


4.    Sasaran Bidang Sarana dan Prasarana
4.1    Tersedianya kebutuhan sarana dan prasarana untuk proses belajar dan mengajar yang memadai untuk mahasiswa dan dosen.
4.2     Terselenggaranya resource sharing sarana dan prasarana yang ada di Universitsa Sumatera Utara.

5.    Sasaran Bidang Kerjasama Institusional
5.1    Tercipta dan terselenggara kerjasama yang mampu dengan efektif mengoptimalkan  jaringan kerja (net working),  untuk mengembangkan jejaring sebagai sarana belajar bagi Program Studi Etnomusikologi yang difasilitasi oleh Fakultas Ilmu Budaya USU dan Universitas Sumatera Utara.
5.2    Berkembangnya kerjasama dan afiliasi di dalam dan luar negeri, dalam konteks meningkatkan kualitas, relevansi, dan daya saing di bidang pengembangan institusi, pendidikan, dan penelitian, termasuk donasi dalam pengembangan penelitian.

Program kerja tahunan dan target indikator pencapaian visi, misi, dan tujuan dijelaskan secara terperinci di dalam dokumen Rencana Strategis Program Studi Etnomusikolog  FIB USU.